[Rabu, 30 September 2020] Saat ini, kita dihadapkan pada situasi yang mengharuskan dibatasinya kegiatan berkumpul serta aktivitas berinteraksi secara langsung, tak terkecuali UPT Perpustakaan Universitas Tidar pun wajib mentaati apa yang sudah diinstruksikan oleh pemerintah, yaitu membatasi interaksi secara langsung kepada pemustaka. Berdasarkan temuan para ahli kesehatan, virus Covid-19 ini rawan ditularkan ketika dua orang atau lebih mengadakan interaksi langsung atau berkumpul. Untuk itu dalam rangka menghadapi situasi yang seperti ini, UPT Perpustakaan mengupayakan pelayanan maksimal kepada pemustaka dengan cara memberikan pelayanan pemesanan peminjaman buku melalui layanan whatsapp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pemustaka terhadap pelayanan pemesanan peminjaman buku di UPT Perpustakaan Universitas Tidar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskripif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi responden pada penelitian ini yaitu, mahasiswa sejumlah 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuesioner. Data yang telah diperoleh diolah dengan menggunakan teknik analisis dengan rumus prosentase. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa layanan baru yang dibuka oleh UPT Perpustakaan UNTIDAR dalam hal pemesanan peminjaman buku mendapat tanggapan yang baik oleh pemustaka. Hal ini dibuktikan dengan 80% pemustaka yang merasa puas dan terbantu terhadap proses pemesanan peminjaman buku melalui layanan whattsapp, serta 77 % pemustaka menyatakan bahwa peminjman buku melalui layanan whattsap termasuk praktis, dan 88% menyatakan bahwa peminjaman buku melalui layanan whattssap perpustakaan dinilai efektif dan efisien

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.