GAMBARAN UMUM

UPT Perpustakaan menempati gedung berlantai dua. Mempunyai koleksi lebih dari 25.000 eksemplar buku. Saat ini memiliki 9 staf perpustakaan yang memiliki berbagai prestasi yaitu Pustakawan Berprestasi Terbaik Juara Harapan 3 Kota Magelang 2018, Pustakawan Berprestasi Terbaik Juara 2 Kota Magelang 2019, Pustakawan Berprestasi Terbaik Juara 3 Provinsi Jawa Tengah 2019, Duta Baca Kabupaten Magelang 2019 Urut 3, dan Perpustakaan dengan Inovasi Terbaik FPPTI Provinsi Jawa Tengah 2019 Urut 4.

Menurut Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional  pasal 55 disebutkan bahwa salah satu syarat untuk menyelenggarakan Perguruan Tinggi harus memiliki Perpustakaan. Sedangkan Perpustakaan Perguruan Tinggi (PPT) merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang bersama-sama dengan unit lain melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan cara menghimpun, memilih, mengolah, merawat serta melayani sumber informasi kepada lembaga induk khususnya dan masyarakat akademis pada umumnya.

Terkait dengan tujuan perpustakaan untuk menunjang kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi maka perpustakaan senantiasa menyediakan E book, E journal dan Jurnal Nasional. Perpustakaan Untidar telah menyediakan E book khususnya untuk buku-buku sesuai program studi sejumlah 623 eksemplar buku. Perpustakaan Untidar juga menyediakan e-jurnal dari Ristekdikti, Perpusnas dan Harvard, Oxford, Cambridge, Ekonomi Keuangan dan Kerjasama Internasional Bank Indonesia serta portal jurnal nasional seperti Garuda, Neliti, Researchgate, Onesearch, Academic Microsoft, DOAJ dan Academia Edu.

Perpustakaan Untidar memiliki buku beragam dan berjumlah banyak, oleh karena itu untuk lebih  meningkatkan layanan kepada mahasiswa atau pengunjung, perpustakan melakukan otomasi perpustakaan dengan menggunakan SLiMS (Senanyan Library Manajemen System).

Untuk meningkatkan layanan pembelajaran dan melaksanakan kegiatan rutin di UPT Perpustakaan Untidar, perpustakaan melaksanakan pembelian kebutuhan rutin meliputi langganan koran Jawa Pos, Suara Merdeka, Kedaulatan Rakyat dan Kompas, Majalah Gatra, Warta Ekonomi, Majalah Nasional Geografi, Intisari, Majalah Trubus serta Tabloid IDEA dan Tabloid Nova serta Republika dan Magelang Ekspres.

Untuk pengembangan sumber daya manusia khususnya tenaga perpustakaan. Perpustakaan telah melaksanakan studi ke berbagai perpustakaan terbaik.

Layanan kami di lantai satu dan dua adalah sebagai berikut,

Pelayanan Lantai 1 Perpustakaan Universitas Tidar
Pelayanan Lantai 1 Perpustakaan Universitas Tidar
Pelayanan Lantai 2 Perpustakaan Universitas Tidar
Pelayanan Lantai 2 Perpustakaan Universitas Tidar

Tujuan

  1. Menyelenggarakan pelayanan yang prima
  2. Menyelenggarakan pendidikan pemakai
  3. Menyelenggarakan kerja sama dengan pihak lain, baik internal dan eksternal
  4. Mendokumentasikan semua karya ilmiah di lingkungan Untidar
  5. Menyediakan informasi yang menunjang kegiatan riset, ipteks, dan wirausaha
  6. Menyebarluaskan informasi yang menunjang kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat
  7. Menyediakan akses E-Library di lingkungan Untidar
  8. Menyediakan kenyamanan civitas akademika dalam mencari informasi di perpustakaan.
Proses pembangunan gedung baru di sebelah timur gedung perpustakaan