PENGUMUMAN

Nomor: 56/UN57.4.1/PK/I/2019.

KEPADA: CALON WISUDAWAN.

Tanggal Revisi: Kamis, 6 Juli 2023.

SYARAT-SYARAT BEBAS PERPUSTAKAAN SEBAGAI BERIKUT:

*Tempat Layanan: Lantai 1 UPT Perpustakaan Untidar.

A. Menyerahkan 1 (satu) hardcopy Tugas Akhir.

  1. Halaman Pengesahan cap basah (cap-nya bukan hasil print, tapi cap stempel asli basah).
  2. Halaman Pernyataan asli materai (bukan print dari hasil scan, tapi materai asli yang ditempel), dan diberi tanda tangan asli.

B. Menyerahkan 1 (satu) CD (Compact Disc) yang berisi 8 (delapan) file yaitu:

1. Delapan File Tugas Akhir fulltext dalam format pdf yang dipisah-pisah sebagai berikut: (ukuran masing-masing file maksimal 1,9 Megabyte (satu koma sembilan megabyte)).

1.1. Halaman Romawi (memuat halaman judul, abstrak, scan halaman pengesahan cap basah berwarna, scan halaman pernyataan keaslian bermaterai, halaman persembahan, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, daftar notasi, daftar lampiran), Daftar Pustaka, dan Lampiran-lampiran. (Ukuran maksimal 1,9 megabyte). (Semua yang ada di halaman romawi, masukkanlah semuanya) (Urutannya disamakan dengan hardcopynya). ATURAN PENAMAAN file ini adalah 1. Halaman Romawi, Daftar Pustaka & Lampiran <spasi> NPM <spasi> nama lengkap.

NB: Gunakan materai Rp10.000. Stempel berwarna ungu, bukan hitam putih (jangan menscan yang fotocopian, sehingga scan lah yang masih berstempel asli basah ungu)

Mohon menscan 1 lembar penuh halaman pengesahan & pernyataan keaslian, jangan memotong pada materai saja atau tanda tangan saja.

Jika hasil kompres membuat hasil scan tidak bisa terbaca dengan baik, maka pisahkanlah lampiran menjadi file tersendiri, sehingga penamaan menjadi:

1.A. Halaman Romawi, Daftar Pustaka <spasi> NPM <spasi> nama lengkap.

1.B. Lampiran <spasi> NPM <spasi> nama lengkap.

1.C. Lampiran <spasi> NPM <spasi> nama lengkap.

1.D. Lampiran <spasi> NPM <spasi> nama lengkap.

1.E. Lampiran <spasi> NPM <spasi> nama lengkap. (dipisah lampirannya menjadi banyak supaya tidak pecah saat ukuran masing-masing file di bawah 1,9 Megabyte)

dst

Jika ada surat kesediaan unggah karya sesuai aturan dosen/program studi/universitas yang tercetak pada hardcopy Tugas Akhir, maka tanda tanganilah surat tersebut dan disertakan hasil scan-nya pada file nomor 1, file PDF full text kompres, dan file PDF full text asli.

1.2 BAB 1. (Ukuran maksimal 1,9 megabyte). ATURAN PENAMAAN file ini adalah 2.  BAB I <spasi> NPM <spasi> nama lengkap.

1.3 BAB 2. (Ukuran maksimal 1,9 megabyte). ATURAN PENAMAAN file ini adalah 3.  BAB II <spasi> NPM <spasi> nama lengkap.

1.4 BAB 3. (Ukuran maksimal 1,9 megabyte). ATURAN PENAMAAN file ini adalah 4.  BAB III <spasi> NPM <spasi> nama lengkap.

1.5 BAB 4. (Ukuran maksimal 1,9 megabyte). ATURAN PENAMAAN file ini adalah 5.  BAB IV <spasi> NPM <spasi> nama lengkap.

1.6 BAB 5. (Ukuran maksimal 1,9 megabyte). ATURAN PENAMAAN file ini adalah 6.  BAB V <spasi> NPM <spasi> nama lengkap. (Jika ada BAB 6 atau BAB 7 dst, maka diteruskan saja penomorannya supaya rapi.)

  • Masing-masing File terpisah tersebut diberi watermark logo Untidar (gunakahlah logo Untidar yang warna (fullcolor), tidak boleh menggunakan logo Untidar yang hitam putih atau abu-abu. Unduh logo Untidar baru klik di sini), kemudian pilih washout (samar) dengan skala Auto.
  • Masing-masing File terpisah tersebut diberi bookmark. (tutorial : http://www.broari.com/2014/01/menambah-bookmark-pada-file-pdf.html ).

1.7. Satu file Tugas Akhir Full Text yang merupakan gabungan dari keenam file terpisah di atas yang urutannya seperti hardcopy Tugas Akhir. Ukuran maksimal 1,9 megabyte. ATURAN PENAMAAN file ini adalah 7.  Full Text Kompres <spasi> NPM <spasi> nama lengkap. Jika sudah dikompres namun ukurannya kesulitan mengecil maka bagilah file ini menjadi minimal 2 file atau beberapa file yaitu 7.A.  Full Text Kompres <spasi> NPM <spasi> nama lengkap dan 7.B. Lampiran <spasi> NPM <spasi> nama lengkap yang masing-masing file maksimal berukuran 1,9 megabyte.

1.8. Satu File Tugas Akhir Full Text yang belum dikompres. (Sama dengan nomor 7 tapi belum dikompres atau file asli format pdf). ATURAN PENAMAAN file ini adalah 8.  Full Text Asli <spasi> NPM <spasi> nama lengkap.

  • Kedua file Tugas Akhir Full Text tersebut diberi watermark logo Untidar (gunakahlah logo Untidar yang warna (fullcolor), tidak boleh menggunakan logo Untidar yang hitam putih atau abu-abu. Unduh logo Untidar baru klik di sini), kemudian pilih washout (samar) dengan skala Auto.
  • Kedua file Tugas Akhir Full Text tersebut diberi scan lembar pengesahan cap basah & scan halaman pernyataan keaslian bermaterai, letaknya (tata urutannya) sesuai aturan pada Fakultas masing-masing.
  • Kedua file Tugas Akhir Full Text tersebut diberi bookmark. (tutorial : http://www.broari.com/2014/01/menambah-bookmark-pada-file-pdf.html ).

SEHINGGA TOTAL ADA 8 (delapan) FILE DI DALAM CD.

C. CD diberi label print dengan format:

  • Judul.
  • Logo Untidar Baru.
  • Nama Mahasiswa dan Nomor Induk Mahasiswa (NPM).
  • Program Studi, Fakultas, Universitas Tidar.
  • Tahun Pengesahan Tugas Akhir.

Sesuai SK Rektor nomor 1 Tahun 2018 tentang Wajib Serah Simpan Karya Ilmiah dan Surat Keputusan Kepala UPT Perpustakaan Universitas Tidar nomor : 56/UN57.4.1/PK/I/2019, maka Tugas Akhir Anda akan diunggah pada laman Repositori Institusi Mahasiswa (http://repositori.untidar.ac.id/). Jika ada pertanyaan, silahkan kirim surel ke perpustakaan@untidar.ac.id.

Tutorial mengecilkan ukuran PDF : Aplikasi Kompres PDFsmall. atau Aplikasi Kompres PDFaid . atau Aplikasi Kompres PDF2Go . atau Aplikasi iLovePDF.

TIPS MEMBUAT PDF

  1. Di dalam Compact Disc terdapat 8 file, khusus program studi tertentu bisa lebih misal 9 file atau kurang.
  2. Kerjakanlah nomor 8 terlebih dahulu yaitu PDF Fulltext. (Tipsnya adalah sudah diberi watermark dari Ms Word, lalu baru di PDF kan, kemudian di-bookmark)
  3. Lalu gunakan aplikasi Split PDF atau secara daring dengan urut mengerjakan nomor 1, 2, 3, 4, 5, dan 6, kemudian kompreslah nomor urut 8 dengan di-rename untuk dijadikan nomor 7.
  4. Ingat, berikan bookmark dan watermark pada semua file PDF tersebut (semua file nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, & 8 diberi bookmark & watermark).

Lampiran-Lampiran

Contoh penamaan file
..

Contoh scan lembar pengesahan yang ditempatkan sesuai urutan pada skripsi, menggunakan logo berwarna, bukan 1 warna kuning saja.



Mohon menscan 1 lembar penuh halaman tersebut, jangan memotong pada materai saja atau tanda tangan saja..Contoh watermark skala auto

.

Contoh bookmark
pada file nomor 1


pada file nomor 2 s.d 5
pada file nomor 7 & 8 (full text)
pada file nomor 7 & 8 (full text) [lanjutan]
.Contoh cover label cd, logo untidar yang baru

.

Contoh daftar isi yang salah

Contoh Struktur Penulisan Tugas Akhir = masih menggunakan format dari masing-masing program studi;

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here