Capture

MAGELANG – Trend Perguruan Tinggi saat ini adalah membangun Institutional Repository (IR). ┬áIR bertujuan menyimpan dan mempublikasikan content local dari perguruan tinggi tersebut seperti karya dosen, materi kuliah, skripsi, tesis dan desertasi.

Untuk mendukung tersebut, Perpustakaan Untidar mempersiapkan diri dengan aplikasi open source bernama SLiMS (Senayan Library Management System). Rabu, 19 Oktober 2016, kami mendatangkan lead and developer SLiMS untuk mempersiapkan segalanya yang akan dibutuhkan. Sehingga kami akan lebih siap untuk mempublikasikan karya-karya dari sivitas akademika Untidar kedepan.

Selain IR, akan ada pengembangan OJS atau Open Journal System yang akan dikembangkan oleh UPT TIK Untidar, namun masih jauh dari selesai. Karena akan diperlukan persiapan dan kerjasama dengan unit lain terkait. Minimal hari ini, telah diketahui landasan dasar untuk mempersiapkan OJS tersebut.

SLiMS sendiri memiliki kelebihan yaitu telah terlisensi GPL, dan katalognya sudah standart AACR2 dan MARC. Selain itu, juga support pada katalog nasional One Search.

Pasca workshop ini, kamipun bisa ikut kontribusi dalam perbaikan menu-menu pada SLiMS yang dirasa kurang mendukung instansi masing-masing dengan mengakses www.github.com/slims/

Bagi institusi yang telah memiliki dukungan akses wifi yang kuat, bisa menggunakan fitur baru SLiMS yaitu Nayanes. Sehingga bisa meminimalisir kapasitas server. Namun bagi yang masih kesulitan stabilitas akses wifi maka bisa menggunakan pemusatan katalog senayan.

Pembicara: Hendro Wicaksono, SS.,M.Hum

Foto-foto dokumentasi.

Workshop SLiMS Untidar 2016 (4) - Copy
Ibu Dr Sri Haryati M.Pd, kanan, Kepala Perpustakaan Untidar, berdiskusi dengan Bapak Hendro Wicaksono, SS., M.Hum, kanan.

Workshop SLiMS Untidar 2016 (2) - Copy Workshop SLiMS Untidar 2016 (1) - Copy workshop slims (3) - Copy workshop slims (2) - Copy workshop slims (1) - Copy

.

Workshop SLiMS 2016

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY