MAGELANG –  Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia, Dibangun pada masa dinasti wangsa syailendra sekitar tahun 800an masehi. Borobudur sebagai salah satu warisan dunia, ditetapkan dalam World Herritage List nomor 592 tahun 1991 oleh UNESCO. Sebagai masyarakat Indonesia Khususnya Magelang harusnya kita patut berbangga dan wajib untuk melestarikanya.

Universitas Tidar adalah Universitas Negeri yang berdomisili di Magelang, oleh karena itu Universitas Tidar melelui UPT Perpustakaan juga wajib untuk berkontribusi dalam melestarikan koleksi yang berhubungan dengan Borobudur. UPT Perpustakaan Universitas Tidar pada tahun 2015 mendapat hibah dari Balai Konservasi Borobudur yang berupa Journal ,Proceeding dan buku

contoh proceeding tentang borobudur
contoh proceeding tentang borobudur

Perpustakaan universitas Tidar berusaha untuk selalu menjalin kerjasama dengan Balai Konservasi Borobudur , supaya kita tetap bisa mendapatkan Hibah buku maupun koleksi yang berhubungan dengan Candi Borobudur. Buku maupun koleksi yang berhubungan dengan Borobudur tersebut tidak diperjual belikan oleh Balai Konservasi Borobudur sehingga koleksi ini akan menjadi koleksi yang sangan eksklusif.

Perpustakaan Universitas Tidar sangat berhasrat untuk melengkapai koleksi tentang local content , karena kalau bukan kita semua yang melestarikan sumber pengetahuan/informasi yang asli dihasilkan oleh suatu daerah (Local content) kekayaan tersebut akan segera hilang.

Contoh Koleksi Journal tentang Borobudur
Contoh Koleksi Journal tentang Borobudur

Perpustakaan Universitas Tidar juga Membuka diri untuk dijadikan tempat Riset mengenai Borobudur yang akan dilakukan oleh civitas akademika Untidar. semoga koleksi kami mengenai Borobudur juga semakin lengkap sehingga akan semakin menunjang data yang dibutuhkan oleh seluruh civitas akademika yang akan meneliti tentang Borobudur.

Dengan semakin banyaknya civitas akademika yang melakukan penelitian tentang Borobudur, semoga semakin memperkenalkan Borobudur tidak hanya kepada dunia Internasional tetapi yang paling utama adalah supaya generasi penerus bangsa kelak tidak lupa untuk ikut menjaga Candi Borobudur.

Contoh buku tentang borobudur
Contoh buku tentang borobudur

Daftar Pustaka

Borobudur

Borobudur warisan dunia

 

 

 

BAGIKAN

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY