[Jumat, 22 Agustus 2019]. Inovasi adalah hal mutlak diterapkan oleh pustakawan di perpustakaannya. Bukan hanya sekedar dilaksanakan, melainkan juga memiliki dampak bagi pemustakanya. Tak ayal, UPT Perpustakaan Untidar gencar bertransformasi sejak 2017 melalui serangkaian kegiatan berkonsep TRIANGLE. Konsep inilah yang dibawa oleh pustakawan Ginajar Kurniawan untuk ikut andil dalam Lomba Inovasi Perpustakaan FPPTI Jawa Tengah di Bandungan Semarang Jawa Tengah. Alhasil, pulang mengangkat kepala dengan bangga lantaran membawa gelar peringkat 4 dari seluruh 99 perguruan tinggi yang terdaftar di Jawa Tengah pada 2019.

“Lomba ini baru perdana, tapi UPT Perpustakaan Untidar lha kok malah berprestasi dengan mengantongi juara keempat. Jadi senenglah berinovasi lagi di perpustakaan.” kata Oktyas Alvi Sahara, satu tim UPT Perpustakaan Untidar.

Pada acara yang digelar selama tiga hari, 22-24 Agustus 2019, UPT Perpustakaan Untidar mengirimkan 1 tim beranggotakan 3 orang yang sebelumnya telah mengirimkan makalah  sesuai PEDOMAN PENILAIAN oleh juri. Kemudian tiba-tiba ada pemberitahuan lolosnya 5 besar finalis dan akan ada kunjungan lapangan oleh juri ke masing-masing lima perpustakaan tersebut. Setelah itu, pada final, kelima finalis mempresentasikan inovasi yang telah mereka tuangkan pada makalah sebelumnya.

Inovasi yang dibawa Ginanjar dkk adalah konsep pemberdayaan mahasiswa untuk berwirausaha. Mula-mula, (1) perpustakaan menjaring mahasiswa sesuai minat dan bakatnya melalui serangkaian lomba Pekan Promosi Perpustakaan seperti lomba aquascape, lomba video profil perpustakaan, lomba video iklan perpustakaan, lomba cipta jingle perpustakaan, lomba fotografi perpustakaan, lomba menulis esai,  lomba tari dan lomba program kreativitas mahasiswa. Kepada peserta lomba, (2) diberikan pelatihan lebih rinci untuk diarahkan ke wirausaha seperti Kelas Tematik pelatihan videografi, pelatihan fotografi, pelatihan make up, pelatihan membatik, pelatihan menulis, dan pelatihan aquascape. Terakhir, (3) akan dipilih 4 kelompok wirausaha terbaik untuk diberikan dana berwirausaha. Begitu terus menurus berulang sehingga menjadi konsep TRIANGLE yang tidak dapat dipisahkan.

.

Workshop RAMA Dikti: Menyatukan seluruh repositori perguruan tinggi yang daring

.

Foto Bersama Pemenang dan Juri. Dari kiri, Juara 3 Poltekes Semarang, Juara 5 IAIN Salatiga, Juara 1 Unika Soegijapranata, Juri 2 Trini Haryanti, Juri 1 Endang Fatmawati, Juri 3 Eko Handoyo, Juara 2 UMS Surakarta, dan Juara 4 Untidar.
Foto bareng seluruh peserta

.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here