Magelang [27-28 Feb 2019]. Dinas Perpustakaan Kota Magelang menggelar lomba Pengelola Perpustakaan dan Pustakawan Terbaik Tingkat Kota Magelang tahun 2019.

Berlokasi di Gedung Kiai Spanjang Kota Magelang lantai 2, total 40 pustakawan se kota Magelang mengikuti kompetisi ini. Mereka perwakilan dari berbagai lembaga sekolah, perguruan tinggi, maupun perpustakaan desa.

Tujuan dari acara ini adalah menambah informasi melalui berbagi pengetahuan antar pustakawan. Selain itu juga meningkatkan kualitas pengelola perpustakaan.

Oleh karena itu, setiap peserta yang hendak mengikuti lomba diwajibkan menulis artikel yang dikumpulkan 4 hari sebelum acara dimulai. Teknis penulisan minimal 3 halaman dan maksimal 5 halaman yang bertemakan “Inovasi dalam Pengembangan Perpustakaan”. Artikel tersebut kemudian dinilai oleh juri dan rencananya akan diterbitkan dalam bentuk buku antologi.

Kemudian metode penilaian dilanjutkan dengan ujian tertulis pilihan ganda yang terdiri dari 50 soal. Ujian tertulis dilakukan pada hari pertama pelaksanaan yaitu Rabu 27 Februari 2019.

Dicki Agus Nugroho Universitas Tidar Foto Bersama dengan Seluruh Peserta Lomba Pustakawan Berprestasi Terbaik 2019 Kota Magelang

Untuk mengambil 12 finalis. Juri menilai artikel dan ujian tertulis untuk dipilih 12 besar. Nama-nama ke-12 finalis tidak diumumkan terlebih dahulu supaya semua peserta datang pada hari kedua untuk mengikuti seleksi tahap kedua.

Pada tahap kedua ini, semua peserta deg-deg-an karena nama nama finalis disebutkan satu persatu dengan jeda presentasi artikel yang telah ditulisnya. Kebetulan, nama Dicki Agus Nugroho, perwakilan dari Universitas Tidar dipanggil nomor pertama untuk mempresentasi artikelnya.

Pada akhir acara, setelah semua finalis selesai presentasi, juri mengumumkan ke enam juara. Yaitu juara 1, 2, 3, dan harapan 1, 2, 3. Adapun ketiga juri adalah Itmamudin SA MIP Ketua IPI Jawa Tengah, Wicahyanti Rejeki penulis dan pemerhati literasi magelang, dan Papa Riyadi SPd MPd Dinas Pendidikan Kota Magelang.

Ternyata Dicki mendapat juara 2 dengan artikel berjudul: Sebuah Konsep: Empat Kemampuan Dasar Pustakawan untuk Berinovasi di Perpustakaan Universitas Tidar. Keempat kemampuan tersebut adalah Hard Skill, Soft Skill, Worker Skill, dan Spiritual Skill.

Para pemenang mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan. Bagi peringkat 3 besar akan mewakili Kota Magelang di ajang lomba pustakawan berprestasi di tingkat provinsi.

“Wah perasaan saya ketika nama saya disebut juara ke dua. Saya kaget sekaligus gumunan kok bisa juara. Gak dinyana dan gak disangka. Dengan dapat peringkat dua malah saya bangga banget.” Tutur Dicki.

Dicki Agus Nugroho Universitas Tidar Menerima Piala dan Uang Pembinaan Pustakawan Berprestasi Terbaik 2019 Kota Magelang
Dicki Agus Nugroho Universitas Tidar Foto Bersama Para Pemenang Setelah Menerima Piala dan Uang Pembinaan Pustakawan Berprestasi Terbaik 2019 Kota Magelang

[TribunJogja] Sebanyak 40 orang pustakawan/ pengelola perpustakaan sekolah & Perguruan Tinggi berlaga di Lomba Pustakawan Terbaik tingkat Kota Magelang.

Lomba yang diselenggarakan tanggal 27 & 28 Februari 2019 di Gedung Kyai Sepanjang Magelang ini dibagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama adalah tes tertulis, dilanjutkan dengan tahap presentasi dan wawancara oleh 12 finalis.

Lomba dengan tema ‘Inovasi untuk Literasi’ ini diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang dalam usaha untuk mengembangkan profesionalisme pustakawan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang kompetisi bagi pustakawan untuk menciptakan inovasi terbaiknya dalam usaha mengembangkan perpustakaannya.” Ungkap Triyamto Sutrisno, Plt. Kepala Disperpusip saat membuka acara.

Tim juri yang terdiri dari unsur Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang serta pemerhati literasi memutuskan :

Juara 1 : Latifah Wahyuni (SMPN 7 Magelang)
Juara 2 : Dicki Agus Nugroho (UNTIDAR)
Juara 3 : Ambar Ardianto (SMAN 4 Magelang)
Harapan 1 : Rizki Shofak Isnaini UM Magelang)
Harapan 2 : Anisyah (SDN Gelangan 5)
Harapan 3 : Tri Agus Tanto (SMPN 4 Magelang)

Juara 1,2 dan 3 akan mewakili Kota Magelang dalam lomba yang sama di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Diolah dari berbagai sumber, salah satunya http://jogja.tribunnews.com/2019/03/02/lomba-pustakawan-terbaik-se-kota-magelang

Dicki Agus Nugroho Foto Bareng Staf Untidar Setelah Lomba Pustakawan Berprestasi Terbaik 2019 Kota Magelang
Dicki Agus Nugroho Foto Bareng Staf Untidar Setelah Lomba Pustakawan Berprestasi Terbaik 2019 Kota Magelang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here