20160920 Antara jatengMagelang, ANTARA Jateng – Universitas Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah, hingga Selasa terus melakukan pembenahan layanan perpustakaan guna meningkatkan kunjungan.

“Peningkatan kunjungan selama 7 bulan terakhir cukup signifikan. Capaian ini merupakan hasil kerja keras tim perpustakaan mulai dari pengembangan sistem, penambahan koleksi buku, pelayanan, hingga pengondisian perpustakaan agar menjadi lokasi yang nyaman bagi pengunjung,” kata staf Perpustakaan Untidar Kota Magelang Ginanjar Kurniawan di Magelang, Selasa.

Pihaknya ingin Perpustakaan Untidar menjadi penyedia pelayanan dan sumber referensi yang penting, terutama bagi seluruh komunitas akademik (civitas academica) Untidar.

Ia mencontohkan tentang angka kunjungan pada bulan Maret 2016 yang tercatat 181 orang, sedangkan pada minggu kedua September meningkat secara signifikan menjadi 2.029 orang.

Sejak 2014, pihaknya menerapkan slims (senayan library management system) dalam layanan perpustakaan. Hal ini ternyata efektif dalam mengatur sirkulasi koleksi buku.

Aplikasi itu, menurut dia, mempermudah sistem manajemen Perpustakaan Untidar, antara lain, terkait dengan manajemen keanggotaan, inventarisasi koleksi, laporan dan statistik, serta pengelolaan terbitan berkala.

Aplikasi itu disediakan dalam berbagai bahasa, yaitu Indonesia, Inggris, Spanyol, Arab, dan Jerman. Pengunjung perpustakaan, melalui aplikasi itu, dapat mencari judul buku dan mengecek ketersediaan buku secara dalam jaringan.

Pencarian judul dan pengecekan buku di Perpustakaan Untidar hingga saat ini masih terbatas secara lokal kampus dan jam kerja kantor.
maintenace
Koleksi buku di Perpustakaan Untidar hingga saat ini, terdiri atas buku teks cetak 11.731 judul dan buku teks elektronik 55.521 judul, jurnal ilmiah nasional terakreditasi 12 judul dengan jumlah kopian 70 eksemplar, jurnal internasional cetak dua eksemplar dan elektronik 6.282 judul serta “prosiding” cetak lima eksemplar dan elektronik 81 judul dengan jumlah kopian 10 eksemplar.

“Kami membuat perpustakaan untuk senyaman mungkin mereka yang hendak membaca di sini, mengerjakan tugas, berdiskusi, atau bahkan bersantai sambil menunggu jam kuliah,” kata Ginanjar.

Pihaknya juga sedang mengusahakan pendingin ruangan perpustakaan yang memadai dan menambah koleksi buku internasional guna memenuhi kebutuhan bacaan, terutama komunitas akademik Untidar.

Editor: M Hari Atmoko, Sumber: Antara Jateng & Jateng Antara

Perpustakaan Untidar di media Republika, klik di sini Republika

.

.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY