Untidar kirim staf perpustakaan untuk belajar tentang perkembangan teknologi dan penerbitan yang sangat pesat saat ini. Apalagi sangat berpengaruh signifikan bagi komunitas akademik dalam hal melakukan penyimpanan, pemanfaatan dan penyebaran informasi di lingkungan perguruan tinggi. Bagi perpustakaan, hal tersebut dapat berpengaruh dengan bagaimana cara perpustakaan mengakuisisi informasi.

Berangkat dari hal tersebut, Kami berangkat ke Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) yang sedang mengadakan seminar nasional bertajuk “e-Resources dan Tren Teknologi” di Auditorium Kampus 4 Gedung Teresa UAJY, Rabu (17/5). Seminar tersebut menghadirkan pembicara yaitu Safirotu Khoir SS MIM PhD (Pengajar MIP Sekolah Pasca Sarjana UGM), Dr Muhamad Sulhan (Pengajar Prodi Ilmu Komunikasi Fisip UGM), dan Prof Ir Suyoto PhD (Pengajar Prodi Teknik Informatika, FTI UAJY).

Sebanyak lebih kurang 80 orang menghadiri seminar tersebut dari berbagai kota dan instansi seperti UAJY, UGM, Universitas Respati, UII, UAD, UMY, ITS, Undip, dan lainnya. Seminar tersebut dimulai pukul 09.00 dengan sambutan dari Kepala Perpustakaan UAJY, A. Tri Susiati, S.Kom., M.A dan secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor I UAJY, Dr Eng The Jin Ai.

Dalam seminar tersebut, Muhamad Sulhan memberikan materi mengenai “Implikasi Teknologi Komunikasi terhadap Dinamika Open Library”. Menurutnya setidaknya ada tiga titik peluang positif yang didapat dari insan perpustakaan dari fasilitas open source.

“Peluang positif ada 3 titik yaitu pustakawan, perpustakaan dan pemustaka. Harapannya dapat manfaat,” jelas Sulhan.

Suyoto dalam presentasinya mengambil tema tentang “Kebijakan Pengelolaan e-Resources”. e-resources merujuk pada semua bahan (koleksi) yang membutuhkan akses komputer baik secara remote (jarak jauh) maupun secara lokal melalui komputer personal (PC), mainframe, atau perangkat mobile. Misalnya, e-book, e-journal, gambar elektronik (Google Images, Instagram, dll), sumber daya audio/visual (Youtube, iTunes) dan lainnya.

“Kebutuhan pemustaka itu memberikan input yang bagus (resource) dan berkualitas untuk menghasilkan karya publikasi (output) yang bagus pula,” jelas Suyoto.

Pembicara terakhir, Safirotu Khoir memberikan presentasi dengan tema “Library, Librarians and Technology”. Menurutnya , pustakawan di era informasi dihadapkan pada berbagai aspek yaitu plagiarisme, augmented reality (AR), gamification, virtual reality dan visual visibility.

Meningkatkan minat baca dan ketertarikan pada buku merupakan tantangan yang dihadapi oleh pustakawan. Oleh karena itu, penggunaan teknologi terkini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan minat baca tersebut. Selain itu, juga dapat diadakan gamification di perpustakaan misalnya game tentang buku, game tentang isu perpustakaan, game tentang metode penelitian dan lainnya.

Dokumentasi:

Suasana seminar
Suasana seminar
Para pembicara
Para pembicara

Sumber: http://www.beritasatu.com/investor/431389-perpustakaan-uajy-gelar-seminar-eresources-dan-tren-teknologi.html

BAGIKAN

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY