Awal 2018 kali ini, tim perpus mengulas portal jurnal lagi nih. Namanya portal NELITI. Anda langsung bisa menuju lamannya pada https://www.neliti.com/id/. Anda bakalan dimanjakan dua cara mencari artikel jurnal yaitu melalui lembaga tertentu atau jurnal tertentu. Maka akan tampil seperti ini:

Beranda laman

Misal kita coba ingin mencari artikel / makalah / jurnal ilmiah dari lembaga kampus tetangga yaitu Universitas Diponegoro, maka Anda harus klik Jelajahi Repositori. Anda pun bisa mempersempit institusinya dengan melihat menu sebelah kiri. Maka akan tampil seperti ini:

Tampilan daftar institusi

Lalu klik logo kampus yang bersangkutan, maka akan tampil berbagai lembaga jurnal yang diterbitkan oleh kampus tersebut yaitu tampil seperti ini:

Tampilan berbagai lembaga jurnal dari satu institusi

Atau jika Anda menginginkan mencari artikel / makalah / jurnal ilmiah dari jurnal tertentu maka bisa klik pada Lihat Jurnal. Anda pun bisa mempersempit pencarian dengan menggunakan menu di sebelah kiri. Maka akan tampil seperti ini:

Tampilan daftar jurnal

BTW, jika ingin praktis, maka Anda bisa langsung mengetikan kata kunci pada halaman beranda. Misal kami menggunakan kata kunci lengkuas. Anda bakal bisa mempersempit hasil pencarian, misalnya hanya menampilan jurnal yang terakreditasi nasional. Maka akan tampil seperti ini:

Tampilan hasil pencarian lengkuas

Misal kita klik judul paling atas, maka akan tampil seperti ini:

Tampilan salah satu artikel

Anda bisa mengunduh dengan mengklik logo Unduh teks lengkap berwarna biru dan akan muncul tampilan seperti ini. Lalu Anda bisa mengunduh pada logo unduh pojok kanan atas.

Artikel siap baca dan unduh pada pojok kanan atas

Horeeee Anda sudah bisa unduh jurnal berbahasa indonesia pada portal NELITI. Ada juga jurnal yang berbahasa inggris di jurnal NELITI lho. Nah, jika Anda menginginkan portal jurnal lain yang berbahasa indonesia, gunakan kata kunci #jurnalbahasaindonesia pada toolbar pencarian di website kami. Trims.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY