Masuk kuliah asyiknya bukan main. Bisa ngerjain tugas kelompok bareng-bareng. Kadang ada juga tugas individu, walau akhirnya juga dikerjakan bareng temen-temen. Betul bukan? Haha. Namun ketika mengerjakan, pasti membutuhkan landasan teori atau praktek yang pernah dilakukan orang lain. Sehingga tugas menjadi lebih ilmiah. Oleh karena itu, UPT Perpustakaan Untidar melanggan koleksi digital atau elektronik seperti E-Book Internasional yaitu IG-Publishing dan E-Journal Internasional yaitu ProQuest.

Dalam postingan ini, kami memberikan tutorial cara mudah menggunakan E-Journal Internasional EBSCO. Sedangkan tutorial jurnal lain bisa klik di sini.

1. Bukalah halaman website www.lib.untidar.ac.id, lalu klik logo EBSCO seperti gambar di bawah ini. Atau klik menu CARI REFERENSI lalu pilih EBSCO:

2. Maka akan muncul beranda EBSCO bertuliskan “UNIVERSITAS TIDAR MAGELANG”, lalu klik pilihan tampilan “MEDLINE with Full Text”, seperti gambar berikut:

3. Pilihlah database yang tersedia dengan memberi tanda centang (v) pada salah satu database berguna untuk mempersempit pencarian. Atau jika Anda ingin menggunakan semua database maka bisa memberi tanda centang pada semua database.

4. Maka akan muncul tampilan kolom pencarian.

5. Misal mengetikkan kata kunci “Child Friendly Spaces” maka akan muncul hasil pencarian berupa beberapa jurnal seperti tampak berikut:

6. Anda bisa memperkecil hasil pencarian dengan memberikan tanda centang (v) pada kolom sebelah kiri. Misal hanya ingin mencari yang “fulltext saja” dan “tipe” jurnal. Maka hanya akan tinggal 16 artikel jurnal saja yang muncul, seperti tampak pada gambar berikut:

 

5. Misal, Anda tertarik membaca jurnal berjudul “Social Spaces for Young Children in Hospital” maka akan muncuk seperti berikut:

6. Klik “PDF Full Text” pada kolom sebelah kiri untuk mengunduhnya, maka akan tampak seperti berikut:

7. Klik logo “Unduh” pada kanan atas.

Selamat, Anda telah mengunduhnya, selamat menikmati membacanya.

Nah, jika Anda menginginkan portal jurnal lain, gunakan kata kunci #jurnalbahasaindonesia pada kolom toolbar pencarian di website kami. Trims.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here