Tanggal 17 Agustus 2016 lalu, UNTIDAR mengumumkan hasil lomba tenaga kependidikan berprestasi. Salah satu tenaga pendidik yang berprestasi adalah Ginanjar Kurniawan, SIP, yang biasa dipanggil Mas Gin. Mas Gin mengajukan diri untuk mengikuti lomba tenaga kependidikan berprestasi spesialisasi pustakawan. Menurut Mas Gin, ada beberapa orang yang mengikuti lomba tersebut.

Kegiatan lomba sudah diumumkan 1 bulan sebelum bulan Agustus. Panitia mengirimkan proposal tentang apa saja yang akan dilombakan dan syarat untuk mengikuti lomba. Syarat untuk mengikuti lomba yaitu mulai dari membuat makalah, biodata diri, sampai makalah yang perlu dipresentasikan yakni tentang proges yang telah dilakukan oleh pustakawan untuk meningkatkan kualitas perpustakaan. Proges yang diambil oleh Mas Gin untuk mengikuti lomba adalah proges meningkatkan jumlah pengunjung perpustakaan. Selain itu, peserta lomba juga harus mengisi form-form yang telah disediakan oleh panitia.

Mas Gin sangat bersyukur ketika terpilih menjadi pustakawan terbaik. “Kemenangan ini adalah karena dibantu oleh teman-teman di perpustakaan juga”, kata Mas Gin ketika diwawancarai. Ada yang diharapkan Mas Gin ketika mengikuti lomba tenaga pendidikan berprestasi, khususnya pada bidang pustakawan terbaik, yaitu untuk memotivasi teman-teman yang bekerja di UPT Perpustakaan UNTIDAR agar berprestasi, supaya ada regenerasi selanjutnya. Karena jika tidak ada regenerasi maka inovasi untuk memajukan perpustakaan UNTIDAR menjadi kurang. Jadi teman-teman yang diperpustakaan UNTIDAR, bahkan yang diperpustakaan fakultas diharapkan akan saling berlomba-lomba untuk menjadi pemenang di lomba pustakawan berprestasi agar perpustakaan UNTIDAR menjadi lebih baik lagi. Tetapi dalam setiap mengikuti perlombaan pasti ada kendala. Menurut Mas Gin, kendala yang dihadapi adalah waktu, karena jadwal persiapan lomba bersamaan dengan kegiatan yang sangat padat sehingga lomba pun sempat diundur beberapa kali.

pustakawan berprestasi UNTIDAR Ginanjar Kurniawan
Ginanjar Kurniawan menerima penghargaan dari Rektor UNTIDAR

Kiat-kiat untuk menjadi pustakawan berprestasi adalah menjadi pustakawan yang baik dan profesional. Menurut Mas Gin, pustakawan adalah suatu profesi yang berbeda dari tenaga pendidik yang lain. Pustakawan adalah orang yang mengolah perpustakaan mulai dari hal yang paling kecil, misalnya jumlah buku yang masuk dan buku yang disajikan. Selain itu ada tugas pokok fungsi yang lain, misalnya melaksanakan administrasi. Karena sekarang perpustakaan UNTIDAR berbasis outcome, jadi semua kegiatan yang dilakukan perpustakaan UNTIDAR harus ada hasilnya, harus ada tolok ukurnya.

Ginanjar Kurniawan saat diwawancarai
Ginanjar Kurniawan saat diwawancarai

Mas Gin berharap, kedepannya perpustakaan UNTIDAR akan semakin maju karena perpustakaan UNTIDAR merupakan perpustakaan unversitas negeri yang baru. “Perpustakaan UNTIDAR masih tertinggal jauh oleh universitas negeri yang lain karena Perpustakaan UNTIDAR tahun 2014 baru beralih dari konvensional menuju ke sistem”, ujar Mas Gin.  Mas Gin sangat bersyukur karena saat sudah banyak teman-teman yang muda, yang memiliki potensi, dan bisa bekerja keras mengejar ketertinggalan. “Saya yakin, 5 tahun ke depan perpustakaan UNTIDAR bisa setara dengan perpustakaan universitas lain”, ujar Mas Gin.

BAGIKAN

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY