Dosen dengan kompetensi tinggi merupakan aset perguruan tinggi yang sangat berharga. Untuk itu diperlukan suatu sistem dan instrumen dalam memberikan masukan kepada dosen yang bersangkutan maupun pengelola perguruan tinggi dalam rangka memelihara dan meningkatkan kinerja dosen. Evaluasi dosen oleh mahasiswa merupakan salah satu sistem yang dapat digunakan untuk tujuan di atas. Tetapi evaluasi kinerja dosen secara manual kurang efektif dan efisien apalagi di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini. Karena itu evaluasi dosen seyogyanya dapat dilakukan melalui internet yaitu secara online, agar efektif dan efsien serta balikan perkuliahan lebih mudah dan cepat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem dan instrumen evaluasi kinerja dosen secara online yang dapat digunakan untuk meningkatkan profesionalisme mereka.

Pada dasarnya penelitian ini melaksanakan prosedur dengan mengikuti sepuluh tahap Research and Development (R&D). Prosedur penelitian ini diringkas menjadi tiga tahap yaitu: (1) melakukan penelitian dan mengumpulkan informasi guna merencanakan instrumen EKD secara manual; (2) mengembangkan EKD secara manual , dan (3) mengembangkan EKD secara online dan menguji keefektifan EKD online. Pada tahap pertama peneliti akan melakukan penelitian  dengan mengumpulan informasi dalam menganalisis kebutuhan (need analysis) sekaligus sebagai dasar dalam merencanakan dan mengembangkan instrumen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap awal empat fakultas sudah melaksanakan evaluasi dosen oleh mahasiswa secara rutin setiap semester, sedangkan satu fakultas belum melaksanakan evaluasi dosen oleh mahasiswa. Model instrumen yang dikembangkan  peneliti dalam penelitian ini adalah Instrumen Penilaian Dosen oleh Mahasiswa Berbasis Kompetensi. Hasilnya dua fakultas sudah melaksanakan evaluasi dosen dengan berbasis kompetensi dosen. Hasil uji lapangan menunjukkan  bahwa instrumen ini cukup mudah (46%) dan mudah (47%) diimplementasikan dan dipahami mahasiswa.  Melalui FGD, para pemangku kepentingan di masing-masing fakultas sangat mendukung diberlakukan instrumen yang sama di lingkungan Untidar.

Pembahasan lengkapnya bisa dilihat di tautan dibawah ini

PENGEMBANGAN ISTRUMEN EVALUASI KINERJA DOSEN

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY