MAGELANG, suaramerdeka.com – Belasan pegiat aquascape dari beberapa daerah di Jawa Tengah berlomba membuat pemandangan yang paling indah di dalam aquarium, Kamis (6/9). Selama empat jam, mereka mendekorasi dalamnya aquarium agar terlihat lebih menarik dan menjadi juara.

Juara 1 Lomba Aquascape Pekan Promosi Perpustakaan Untidar 2018
Juara 2 Lomba Aquascape Pekan Promosi Perpustakaan Untidar 2018
Juara 3 Lomba Aquascape Pekan Promosi Perpustakaan Untidar 2018

Bertempat di Lantai 2 Perpustakaan Universitas Tidar (Untidar), total ada 15 peserta beradu kreasi dalam lomba bertajuk Battle Live Setting Aquascape. Lomba ini sendiri diadakan dalam rangka Pekan Promosi Perpustakaan tahun 2018.

“Sebenarnya antusias peserta cukup besar, tapi kita batasi peserta hanya 15 orang. Mereka datang dari Semarang, Solo, Wonosobo, dan Magelang,” ujar Ketua Panitia Lomba, Ginanjar Kurniawan, di sela lomba.

Dia menuturkan, peserta wajib menyelesaikan pembuatan aquascape-nya dalam waktu empat jam. Mereka bebas mengekspresikan kreativitasnya di lomba ini, mulai dari bentuk pemandangan, meletakkan ikan, hingga penjernihan air.

“Kita bebaskan saja temanya dan penilaian pun bebas oleh para dewan juri yang sudah berpengalaman. Meski bebas, tapi yang pasti penilaian utama ada di keindahan hasil pemandangan yang dibuat dan kreativitasnya,” katanya.

Pustakawan Perpustakaan Untidar ini menjelaskan, lomba ini memang baru pertama kali diadakan dan mengambil tempat di perpustakaan. Pihaknya memiliki misi khusus dalam lomba ini, yakni mempromosikan perpustakaan kepada masyarakat luas.

“Tagline perpustakaan kita adalah more than just library, yang berarti kita ingin menampilkan sisi lain dari perpustakaan. Media pembelajaran tidak hanya buku-buku yang tersedia di perpustakaan, tapi juga media lain berupa aquascape ini,” jelasnya.

Dari lomba ini, pihaknya berharap para mahasiswa atau pengunjung perpustakaan secara umum tidak hanya membaca dan belajar, tapi juga menyaksikan kreativitas membuat pemandangan di aquarium. Sekaligus sebagai penyegaran bagi mereka yang barangkali suntuk membaca atau belajar.

“Begitu pula untuk memperindah perpustakaan. Maka, setelah lomba ini, juara 1-3 akan kita ambil karyanya untuk dipajang di perpustakaan. Mereka yang juara berhak atas piala, piagam, dan uang pembinaan masing-masing Rp 1,1 juta, Rp 800.000,-, dan Rp 600.000,-,” paparnya.

Di samping lomba aquascape, imbuh Ginanjar, pihaknya juga mengadakan lomba video dan fotografi dengan lokasi seputar perpustakaan. Tujuannya untuk lebih menyemarakkan lagi perpustakaan dan meningkatkan tingkat kunjungannya.

“Sekaligus kita juga mendukung adanya program studi baru berupa Aqukultur yang di dalamnya terdapat mata kuliah tentang aquascape,” imbuhnya.

Lomba yang baru perdana diadakan ini sontak menjadi perhatian para pengunjung perpustakaan. Mahasiswa yang wira-wiri mencari buku berhenti sejenak untuk melihat para peserta yang serius membuat aquascape. Sekaligus mendapat pengetahuan baru. Khususnya bagi mahasiswa program studi Akuakultur.


(Asef Amani/CN40/SM Network)

https://www.suaramerdeka.com/news/baca/122291/belasan-pegiat-aquascape-berlomba-buat-pemandangan-di-aquarium

Suara Merdeka Suara Kedu 8 Sept 2018 Hlm 28 Pekan Promosi Perpustakaan Aquascape

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here