[Selasa, 14 Agustus 2018] Kuliah S2 luar negeri dengan beasiswa bukan lagi hal menakutkan bagi mahasiswa S1 Untidar. Keniscayan itu meninggi pasca perwakilan Duta Besar Amerika datang ke UPT Perpustakaan Untidar (kemarin). Bapak Muhammad Iqbal, selaku Public Affair Section U.S. Embassy Jakarta, datang ke Magelang tidak hanya berbagi pengetahuan pengalaman kuliah di Texas, Amerika, kepada mahasiswa Untidar dari berbagai jurusan, namun juga berbagi mendapatkan tips mempersiapkan syarat beasiswa-beasiswa yang tersedia.

Sebut saja, beasiswa FULBRIGHT Scholarship, dimana walau masih berstatus mahasiswa, akan tetapi kita bisa mendaftar dan dibantu memilih jurusan yang tepat. Beasiswa ini paling direkomendasikan dan bisa Anda akses di aminef.or.id.

Sedangkan beasiswa lain yang tidak kalah mentereng adalah LPDP (lpdp.kemenkeu.go.id), East West Center Graduate Degree Fellowship / Asian Development Bank-Japan Scholarship Program (eastwestcenter.org), Arryman Fellow and Scholarship (ISRSF.org), Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI), dan Youth Program (youngsoutheastasianleaders.state.gov).

Bapak Iqbal juga memberikan saran, setelah mengetahui syarat beasiswa, mahasiswa diharapkan menilai kemampuan diri terlebih dahulu sehingga bisa memilih Universitas yang sesuai kemampuan diri. Pasalnya, ada lebih 4.500 universitas di Amerika dengan tiga kriteria: kampus dengan standar kualifikasi tinggi, kampus tanpa tes bisa masuk kuliah, dan terakhir yang paling direkomendasikan adalah kampus dengan standar bagus namun direkomendasikan oleh pihak pemberi beasiswa. Kampus terakhir ini biasanya mensyaratkan TOEFL IBT 80-90 atau setara TOEFL >550 atau IELTS >6.

Selain itu, syarat yang tidak kalah penting adalah mahasiswa harus mampu menulis essays sejumlah 2-3 buah dalam bahasa inggris.

Diyah Safitri, Kiri, memancu acara sebagai MC
Ibu Dr. A. Sri Haryati, M.Pd memberikan sambutan sekaligus membuka acara
Foto bersama sebelum acara inti
Foto bersama sebelum acara inti
Muhammad Iqbal, selaku Public Affair Section U.S. Embassy Jakarta, sebagai pemateri tetap santai dan menyenangkan
Peserta serius mendengarkan pemaparan materi
Suasana cair saat sesi tanya jawab dengan dibagikan merchandise
Peserta yang bertanya mendapat merchandise dan foto bareng dengan pembicara
Penyerahan kenang-kenangan oleh Ginanjar Kurniawan, kanan, pustakawan, kepada pemateri
Semua peserta merasa puas dan senang mendapat pengetahuan baru untuk lanjut kuliah S2

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here