.

Standarisasi perpustakaan pada dasarnya merupakan cerminan dari kualitas pelayanan dan fasilitas perpustakaan. Adanya standarisasi sebagai legitimasi yang kredibel dan menjadi indikator penting bagi perpustakaan. Oleh karena itu, LPPM –PMP Untidar menyelengarakan audit guna mewujudkan eksistensi perguruan tinggi menghadapi dinamika pendidikan di Indonesia.

Dokumen standarisasi UPT Perpustakaan Untidar
Dokumen standarisasi UPT Perpustakaan Untidar

Selasa, 29 November 2016, kami mendapat kesempatan mendapatkan audit dan evaluasi oleh tim Auditor LPPM-PMP. Hadir Ibu Anis Rakhmawati, ST,MT, dan Ibu Dra Sri Mulyani, M.Si, sebagai  Tim Auditor. Beliau memberikan apresiasi kepada Perpustakaan Untidar telah mempersiapkan diri sesuai standarisasi yang telah ditentukan universitas. Selain itu, tidak ada catatan berarti yang diberikan kepada perpustakaan Untidar.

Dicki Agus Nugroho, Pustakawan, memberikan pemaparan dan menjawab dari Tim Auditor
Dicki Agus Nugroho, Pustakawan, memberikan pemaparan dan menjawab dari Tim Auditor

Pada kesempatan yang sama, Bapak Rektor Untidar, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd., turut mengikuti audit di perpustakaan dengan melakukan kunjungan mengenai aktivitas pemustaka di perpustakaan. Di tempat terpisah, Kepala UPT Perpustakaan Untidar, Ibu Dr A Sri Haryati M.Pd, menyampaikan bahwa standarisasi UPT Perpustakaan

Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd., Rektor (kanan) meninjau visitasi akreditasi LPPM di Perpustakaan
Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd., Rektor (kanan) meninjau visitasi akreditasi LPPM di Perpustakaan

berpedoman pada AIPT 2011 BAN PT, SNI 7330:2009 BSN, SNP 010:2011 Perpustakaan Nasional dan Renstra Untidar 2015-2019. Perpustakaan pun akan selalu meningkatkan kualitas pada komponen Layanan, Koleksi, Kerjasama, Sumber Daya Manusia dan Sarana Prasarana. Saat ini, komponen-komponen yang dimaksud tersebut di atas adalah sebagai berikut:

Komponen Layanan Total

UPT Perpustakaan Untidar buka lima hari kerja pada pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB dan istirahat pukul 12.00 WIB – 13.00 WIB pada hari Senin – Kamis. Khusus hari Jumat, perpustakaan buka 08.00 WIB – 15.00 WIB dan istirahat pukul 11.30 – 13.00. Jadi untuk jam buka perpustakaan per hari adalah  6 – 8 jam dan untuk jam buka per minggu adalah 36 – 41 jam.

Ibu Anis Rakhmawati, ST,MT, (kiri) dan Ibu Dra Sri Mulyani, M.Si (kanan), dari Tim Auditor sedang mengevaluasi dokumen
Ibu Anis Rakhmawati, ST,MT, (kiri) dan Ibu Dra Sri Mulyani, M.Si (kanan), dari Tim Auditor sedang mengevaluasi dokumen

Peminjaman buku menggunakan sistem otomasi. Otomasi perpustakaan meliputi penelusuran (OPAC), sirkulasi, dan keanggotaan. Jumlah anggota perpustakaan 1.202 orang yang terdiri dari 1.152 mahasiswa, 35 dosen, dan 11 karyawan. Dari bulan Desember 2014 sampai dengan November 2016, total peminjaman mencapai 3.373.

Perpustakaan Untidar pernah melakukan promosi 1 (satu) kali saat melakukan workshop dan sosialisasi sistem informasi untuk penelusuran katalog buku online dan melakukan sosialisasi akses jurnal online dan e-book. Pelayanan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di perpustakaan dengan menggunakan internet. Tetapi literasi informasi tentang perpustakaan belum pernah dilakukan. Untuk layanan yang diberikan meliputi layanan baca ditempat, sirkulasi, penelusuran informasi, dan bimbingan pemakai.

Komponen Kerja Sama

Perpustakaan Untidar melakukan kerjasama untuk pengembangan perpustakaan dengan komunitas lingkungan perguruan tinggi lainnya yaitu Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Komponen Koleksi

Perpustakaan Untidar memiliki koleksi buku (cetak) dengan jumlah keseluruhan mencapai 21.065 eksemplar, yang terdiri dari 4.692 eksemplar untuk skripsi dan referensi, serta 16.373 eksemplar untuk buku koleksi. Judul buku referensi dan skripsi berjumlah 4.050, sedangkan judul buku koleksi berjumlah 7.953.

Perpustakaan Untidar berlangganan surat kabar, majalah, jurnal ilmiah, dan jurnal elektronik. Surat kabar yang dilanggan ada 4, yakni surat kabar Jawa Pos, Kompas, Suara Merdeka, dan Kedaulatan Rakyat. Majalah yang dilanggan ada 2, yakni Nova dan Bola. Jurnal elektronik yang dilanggan hanya 1, yaitu ProQuest. Selain itu, perpustakaan Untidar juga melanggan e-book yaitu IG-Publishing. Untuk penambahan koleksi buku per tahun, perpustakaan menganggarkan Rp 300.000.000,-.

Stok opname dilakukan 2 (dua) tahun sekali. Sedangkan untuk penyiangan dilakukan setahun satu kali. Perpustakaan Untidar melakukan survei untuk kebutuhan koleksi, yaitu dengan kotak saran, dan pengisian table daftar usulan buku. Untuk melihat kegiatan dan berita tentang perpustakaan Untidar, dapat melihat di website kami yaitu www.lib.untidar.ac.id.

Koleksi Jurnal dan Prosiding
Koleksi Jurnal dan Prosiding

Komponen Pengorganisasian Bahan Pustaka

Bahan perpustakaan diseleksi dengan menggunakan masukan dari pemustaka, daftar bibliografi, dan katalog penerbit serta pilihan pustakawan. Proses pengolahan buku melalui tahap inventarisasi, klasifikasi, pengatalogan, dan pelabelan. Buku dilengkapi dengan kartu katalog, kantong kartu buku, slip tanggal kembali, label buku, dan barcode.

Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd., Rektor (kanan) meninjau visitasi akreditasi LPPM di Perpustakaan
Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd., Rektor (kanan) meninjau visitasi standarisasi Perpustakaan

Komponen Sumber Daya Manusia

Kepala perpustakaan berstatus fungsional tenaga pendidik dan kependidikan. Jenjang pendidikan kepala perpustakaan ada S3 non perpustakaan. Jumlah tenaga perpustakaan ada 8 orang, dengan rincian jenjang pendidikan yaitu, S3 1 (satu) orang, S1 5 (lima) orang, dan SMA 2 (dua) orang. Pustakawan di perpustakaan Untidar ada  2 (dua) orang. Diklat yang pernah diikuti oleh tenaga tetap perpustakaan dalam 3 tahun 4 – 6 kali. Sedangkan seminar, pelatihan, dan lokakarya yang diikuti dalam 3 tahun terakhir adalah 6 – 8 kali. Jumlah anggota perpustakaan sebagai anggota Ikatan Pustakawan Indonesia Kota Magelang ada 1 orang.

Mahasiswa mengerjakan skripsi di lantai 2
Mahasiswa mengerjakan skripsi di lantai 2

Komponen Gedung / Ruang, Sarana dan Prasarana

Luas tanah perpustakaan 1.335 m2. Luas bangunan gedung perpustakaan lantai bawah adalah 342 m2, luas bangunan lantai atas 324 m2, dan luas selasar 240 m2. Perpustakaan Untidar terletak di pusat kegiatan pembelajaran dan administrasi Untidar.

mahasiswa mengakses internet melalui laptop masing-masing
mahasiswa mengakses internet melalui laptop masing-masing

Dari hasil kuisioner yang dibagikan oleh perpustakaan Untidar, kebersihan gedung dan ruangan baca sudah bersih, pencahayaan di gedung dan ruangan terang, dan sirkulasi udara juga baik. Selain itu, perpustakaan terdapat locker terbuka sebanyak 4 buah tanpa penjaga tapi dari hasil kuisioner yang dibagikan kepada pengunjung perpustakaan, kemananan masih terjamin.

Rak buku yang terdapat di perpustakaan Untidar ada 72 rak, untuk lantai 1 (rak buku koleksi) ada 33 rak dan lantai 2 (rak jurnal, skripsi, dan referensi) ada 39 rak. Untuk rak surat kabar, perpustakaan memiliki 3 rak, 2 rak di lantai 2 dan 1 rak di lantai 1. Tetapi perpustakaan Untidar belum memiliki rak multimedia dan rak displai buku baru. Perpustakaan juga memiliki 3 laci katalog. Tempat penyimpanan berkas (lemari, filling cabinet) di lantai 1 ada 5 buah dan di lantai 2 ada 6 buah. Papan pengumuman yang ada di perpustakaan ada 2 buah. Jumlah meja belajar perorangan ada 12 buah, jumlah meja baca ada 17 buah, meja sirkulasi ada 1 set, jumlah meja kerja petugas ada 3 buah, kursi baca ada 95 buah. Di ruang kepala perpustakaan terdapat 1 set kursi tamu. Di perpustakaan juga terdapat 4 komputer dan 2 printer untuk kegiatan pengelolaan perpustakaan, sedangkan computer untuk pemustaka ada 15 buah. Perpustakaan juga memiliki 1 LCD, 1 TV, 1 kamera, dan 1 AC.

Mahasiswa menikmati televisi di lantai 2
Mahasiswa menikmati televisi di lantai 2

Foto dokumentasi:

.

Mahasiswa mengerjakan skripsi di lantai 2
Mahasiswa mengerjakan skripsi di lantai 2

.

Akses full wifi di lantai 2
Akses full wifi di lantai 2

.

Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd., Rektor (kiri) meninjau visitasi akreditasi LPPM di Perpustakaan
Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd., Rektor (kiri) meninjau visitasi standarisasi Perpustakaan

.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY