IMPLEMENTASI TATA KELOLA LAYANAN PUBLIK UNTUK MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE PADA PERGURUAN TINGGI*

Abstrak

Rendahnya daya saing perguruan tinggi tidak terlepas dari masih rendahnya mutu pelayanan di perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai lembaga publik mengemban tugas melakukan pelayanan publik di bidang pendidikan. Pelayanan merupakan salahsatu yang menjadi bahan pertimbangan bagi calon peserta didik untuk menentukan pilihannya terhadap perguruan tinggi mana yang akan dimasukinya. Isu strategis yang terus disampaikan oleh berbagai kalangan di Unesa diantaranya adalah tuntutan adanya good governance dan akuntabilitas publik. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi tata kelola layanan publik untuk mewujudkan good governance pada perguruan tinggi di Unesa.

Target khusus penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis mengenai implementasi, dan kendala Unesa dalam mewujudkan good governance pada perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Unesa, informan dalam penelitian ini diantaranya senat, rektor dan pembantu rektor, kepala biro, dekan dan pembantu dekan, pejabat struktural, dosen, pimpinan unit, dan karyawan, data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Unesa dalam implementasi tata kelola yang baik (good governance) dengan menggunakan prinsip-prinsip good governance, yaitu: transparansi (transparancy), kemandirian (independence), akuntabilitas (accountability), pertanggungjawaban (responsibility), kesetaraan dan kewajaran (fairness).

*Desi Nurhikmahyanti, M.Pd.

Unduh full text Klik di sini.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY