Apa kabar kakak-kakak Untidar yang kece. Akhir tahun ini banyak portal jurnal berbahasa Indonesia yang bisa Anda nikmati lho. Udah mudah carinya, gratis pula. Gimana gak nagih coba.

Kali ini, bakalan ada portal jurnal atau artikel ilmiah dari PORTAL GARUDA. Portal ini telah dirancang oleh The Indonesian Publication Index (IPI) untuk penelusuran, pengindeksan, abstrak, pemantauan dan peningkatkan standar publikasi ilmiah di Indonesia. Kini telah tersedia lebih dari 3.932 jurnal yang bisa Anda akses sepuasnya.

Portal Garuda
Portal Garuda

Nah, caranya masuk PORTAL GARUDA dengan link berikut: http://id.portalgaruda.org/. Maka akan muncul beranda depan tampak seperti berikut:

Beranda Depan Portal Garuda
Beranda Depan Portal Garuda

Lalu Anda tinggal menuliskan kata kunci pada kotak pencarian. Misalnya kita mencari dengan menggunakan kata kunci “cokelat”. Maka akan muncul 52 artikel ilmiah seperti tampak pada gambar berikut:

 Hasil Pencarian Portal Garuda
Hasil Pencarian Portal Garuda

Nah, perhatikan bahwa setiap artikel selalu memiliki menu yang sama yang berada di bawahnya yaitu menu Abstrak, menu RIS, menu Bibtex, menu PDF, dan menu original source.

Tampilan Menu Abstrak, Menu PDF, Menu Original Source
Tampilan Menu Abstrak, Menu PDF, Menu Original Source

Jika Anda klik menu Abstrak maka akan muncul abstraknya. Seperti berikut:

Hasil Klik Menu Abstrak
Hasil Klik Menu Abstrak

Jika Anda menginginkan untuk mengunduh (download) full text maka bisa klik menu PDF sehingga akan muncul seperti tampak berikut:

Hasil Klik Menu PDF
Hasil Klik Menu PDF

Anda pun bisa mengklik logo pada kanan atas untuk mengunduh jurnal tersebut.

Atau jika Anda ingin mengetahui sumber portal aslinya. Maka Anda bisa mengklik judul jurnal tersebut sehingga akan tampil seperti berikut:

Klik Menu Judul
Hasil Klik Menu Judul

Pada bagian bawah terdapat menu Original Source, sehingga akan membawa Anda untuk menuju portal sumber asli. Contohnya pada tampilan berikut ini:

Hasil Klik Menu Original Source
Hasil Klik Menu Original Source

Ahayyyy,,, mudah bukan. Sangat sederhana dan membantu Anda mencari referensi sumber informasi ilmiah. Selamat mencoba.

#jurnalbahasaindonesia

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY