Weleh-weleh,,, kini makin tersedia melimpah ruah portal berbagai macam jurnal. Kali ini, muncul DOAJ. Portal jurnal Directory of Open Access Journals atau yang disingkat DOAJ ini termasuk paling populer di kalangan mahasiswa dan dosen Untidar. Mungkin Anda juga salah satu penggemarnya kah? Ahihihi :D.

Memang mudah banget mencari artikel ilmiah di portal ini. Apalagi banyak jurnal tersedia, tertanggal 27 Feb 2017 terdapat 9.410 jurnal dan 2,436,245 artikel dari 128 negara. Menarik bukan? Yuks cari tau bagaimana cara mengaksesnya.

Pertama, masuk ke alamat: https://doaj.org/. Maka akan tampil beranda sebagai berikut:

Halaman depan total 2,455,307 artikel
Halaman depan total 2 juta artikel

Nhah, tinggal ketiklah kata kunci pada menu pencarian. Jika menginginkan hasil pencarian hanya muncul “jurnal” saja, maka hilangkan tanda centang pada pilihan “articles”. Misal, kami mencari jurnal dengan kata kunci “lengkuas”, maka akan tampil seperti gambar berikut:

Hasil penelusuran basic dengan kata kunci: lengkuas
Hasil penelusuran basic dengan kata kunci: lengkuas

Atau, Anda bisa menelusur dengan menu penelusuran Advance seperti tampil pada sebelah sisi kiri Anda atau kanan layar Anda. Menu-menu tersebut berguna untuk mempersempit pencarian. Apa saja menunya? Tengok dibawah ini guys.

Advanced jurnal atau artikel
Advanced jurnal atau artikel
Advanced subyek
Advanced subyek
Advanced lisensi
Advanced lisensi
Advanced penerbit
Advanced penerbit
Advanced bahasa
Advanced bahasa

Jika pencarian telah dipersempit, saatnya memilih jurnal yang Anda inginkan. Misalkan kami memilih jurnal seperti berikut:

Pilih salah satu jurnal
Pilih salah satu jurnal

Tinggal klik “Tull Text” , maka Anda akan dibawa ke portal asli (sumber asal) nya, seperti tampak berikut:

Diarahkan portal asli
Diarahkan portal asli

Lalu tinggal klik “PDF” pada FULL TEXT pada bagian bawah tampilan. Taraaaa…. mudah bukan. :D. Yuks sebarkan tutorial mudah ini ke teman dengan dibagikan ke media sosial.

#jurnalbahasaindonesia

 

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY