https://academic.microsoft.com/
https://academic.microsoft.com/

Hay hay hay teman-teman semua. Selamat datang di website kami lagi. Senang bisa menyapa Anda (pemustaka) semua. Kali ini kami bagikan cara mengakses jurnal dari ACADEMIC MICROSOFT. Portal ini akan menyediakan jurnal atau artikel ilmiah yang berbahasa indonesia lho selain yang berbahasa inggris juga ada. Nah, teman-teman hanya masuk ke portalnya dengan klik link berikut: https://academic.microsoft.com/.

Maka akan muncul tampilan halaman depan portal Academic Microsoft sebagai berikut:

Halaman Depan Academic Microsoft
Halaman Depan Academic Microsoft

Anda tinggal mengetikkan kata kunci pada kotak toolbar pencarian. Misalnya admin menggunakan kata kunci “temulawak” maka akan muncul seperti berikut:

Tampilan hasil pencarian
Tampilan hasil pencarian

Anda pun bisa mempersempit hasil pencarian dengan memanfaatkan menu pada sebelah kiri lho. Ada menu “Date Range” untuk mempersempit tahun terbitnya. Menu “Author” untuk mempersempit nama pengarang yang Anda inginkan. Menu “Affiliation” untuk mempersempit sumber jurnal. Menu “Field of Study” untuk mempersempit subyek program studi Anda. Menu “Journal” untuk mempersempit sumber jurnal sama seperti menu Affiliation.

Setelah muncul tampilan hasil pencarian di atas, Anda akan menemukan berbagai tulisan, artikel ilmiah, dan jurnal berbahasa indonesia dan bahasa inggris. Yuk klik salah satu jurnal, misalkan Admin mengklik berjudul “INOVASI FORMULA DAN PENERAPAN TEKNOLOGI PRODUKSI SEDIAAN SIRUP EKSTRAK TEMULAWAK (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) DAN PALIASA (Kleinhovia hospita Linn.) SEBAGAI HERBAL TERSTANDAR HEPATOPROTEKTOR DAN HIPOKOLESTEROLEMIK“. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

Tampilan salah satu jurnal
Tampilan salah satu jurnal

Portal Academic Microsoft ini menyediakan jurnal lain yang relevan dengan pencarian Anda lho. Lihat aja gambar di atas pada bagian bawah, ada menu “Top Citations”. Jika Anda ingin mencari jurnal yang mirip atau serupa dengan yang Anda inginkan. Anda bisa meng-klik-nya untuk menemukan hasil pencarian lain.

Portal ACADEMIc MICROSOFT ini bukanlah pusat data yang menyimpan jurnal yang Anda cari. Namun hanya mengumpulkan katalognya saja dari berbagai sumber jurnal. Nah seperti gambar di atas, jurnal tersebut berasal dari portal “journal.unhas.ac.id”, yang bisa Anda lihat pada sebelah kanan.

Anda akan diarahkan untuk mengunjungi sumber jurnal tersebut berasal. Sehingga Anda tidak bisa mendownloadnya langsung dari portal Academic Microsoft. Maka klik lah menu “Sources”, sehingga akan muncul seperti berikut:

Tampilan sumber utama portal journal.unhas.ac.id
Tampilan sumber utama portal journal.unhas.ac.id

Anda mungkin kesulitan mencari jurnal yang sebenarnya ingin Anda download pada sumber utama portal journal.unhas.ac.id. Namun tetaplah jeli dan terus bersemangat mencarinya. Karena tidak semua portal memberikan menu mudah untuk mendownload.

Akan tetapi ada juga portal yang sangat mudah untuk mendownload. Misalnya pada tulisan kedua saat Admin mencari dengan kata kunci “temulawak” yaitu jurnal berjudul : “Penerapan SOP Budidaya Untuk Mendukung Temulawak Sebagai Bahan Baku Obat Potensial“. Jika Anda mengkliknya maka akan muncul tampilan seperti berikut:

Tampilan salah satu jurnal yang mudah download
Tampilan salah satu jurnal yang mudah download

Lalu klik lah pada menu “Sources” untuk menuju sumber utama portal ejurnal.litbang.pertanian.go.id. Maka akan muncul website asalnya seperti berikut:

Tampilan portal asli sumber jurnal
Tampilan portal asli sumber jurnal

Pada portal di atas menyediakan akses full download dengan cara scroll mouse Anda ke bawah maka akan menemukan menu “Full Text PDF”. Klik menu tersebut maka Anda akan mendapatkan artikel / jurnal full text.

klik lah menu Full Text PDF
klik lah menu Full Text PDF

Selamat mencoba. Semoga beruntung.

#jurnalbahasaindonesia

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY