Visi Universitas Tidar (UNTIDAR) ialah Universitas berbasis riset dalam mengembangkan ilmu, teknologi, seni dan kewirausahaan.

Riset (penelitian) adalah kegiatan berpikir (perenungan) yang bersumber pada data
(fakta empiris) yang dikaji secara ilmiah yang menghasilkan pengetahuan ilmiah baru,
pengembangan teori, ilmu, dan atau mencipta karya.

Dengan riset, sivitas akademika mengembangkan perilaku wirausaha. Dengan riset, sivitas akademika memantapkan peningkatan jati diri.

Nilai-nilai riset, hasil-hasil riset dan cara-cara riset yang dimiliki oleh sivitas akademika diformula menjadi materi-belajar dan cara-belajar. Formula riset ini diimplimentasi ke dalam pendidikan, khususnya pembelajaran. Perihal-perihal riset ini dijadikan sebagai pendekatan-riset. Pendekatan riset diterapkan sebagai gerakan riset dalam pendidikan di UNTIDAR. Pendekatan riset dibudayakan dalam pendidikan di UNTIDAR. Pendekatan riset merupakan pilihan UNTIDAR mengembangkan akademis.

Dengan kerjakeras dan usaha dari segenap tim redaksi dan atas bantuan banyak pihak akhirnya buku kumpulan abstrak seminar regional dengan tema “Belajar Berbasis Riset” ini dapat terbit. Semoga buku ini dapat memberikan kontribusi khususnya di bidang ilmiah dan pembelajaran berbasis riset.

Edisi perdana prosiding ini merupakan salah satu program bidang Sie Ilmiah dalam rangka menyambut Dies Natalis Universitas Tidar ke-3. Harapannya kedepan buku ini merupakan agenda tahunan yang dapat dijadikan sebagai ajang publikasi hasil riset para dosen baik di
tataran internal maupun eksternal Universitas Tidar untuk memodelkan sistem pembelajaran yang efektif dan efisien.

Penerbitan buku ini tidak terlepas dari bantuan banyak pihak. Terima kasih kami sampaikan kepada teman-teman tim penyunting Dr. Farikah, M.Pd., Wida Salupi, M.Si., Arnanda Yusliwidaka, M.H., Imam Baihaqi, M.A. yang sudah rela bekerja keras dalam mereiviewpaper, kepada mitra bestari atas review kepakarannya kemudian juga kepada tim lay-out yang sudah bekerja menyelesaikan revisi khususnya tata letak paper ini.

Kami juga sangat mengapresiasi para peneliti yang sudah menjadikan buku ini sebagai media untuk publikasi. Selain itu kami menyampaikan penghargaan yang tinggi atas antusiasme dari para peneliti khususnya para dosen Universitas Tidar, dengan animo yang besar sudah masuk ke meja tim penyunting merupakan amunisi kami dalam bekerja menerbitkan buku ini.

Kami berharap semoga tulisan-tulisan ilmiah ini menambah khazanah keilmuan dan wawasan kita dalam bidang pebelajaran berbasis riset. Kritik dan sarannya kami harapkan untuk perbaikan buku ini

Buku Kumpulan Abstrak Artikel Ilmiah Seminar Regional “Belajar Berbasis Riset” dapat diunduh dengan klik pranala berikut: pdf BUKU KUMPULAN ABSTRAK SEMINAR BELAJAR BERBASIS RISET.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY