Buku ini disusun sebagai acuan bagi mahasiswa, guru, dosen, widyaiswara, para peneliti yang ingin memperdalam tentang berbagai teori belajar dan penerapannya dalam kegiatan pembelajaran.

Buku ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang didanai DIPA Universitas Tidar tahun 2016 yang berjudul “ Pengembangan Materi Kuliah Belajar-Pembelajaran Berbasis Active Learning Melalui Pembelajaran Kooperatif”.

Buku ini disusun berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), dan berbasis pembelajaran aktif model kooperatif learning. Buku ini merupakan tulisan awal, yang akan selalu dikembangkan, direvisi, dan disempurnakan agar mencapai tingkat kedalaman dan keluasan yang memadai sebagai sumber belajar.

Materi buku ini dipilih berdasarkan teori-teori belajar  dan model-model pembelajaran aktif yang berkembang dan banyak digunakan akhir-akhir ini. Materi buku ini telah divalidasi oleh pakar psikologi belajar yaitu Dra. Mg. Supeni, M.Si. dan pakar pembelajaran aktif dan inovatif yaitu Sri Sarwanti, M.Pd. Masukan dan saran juga berasal dari para dosen FKIP-Untidar lewat Focussed Group Disscusion (FGD) dan masukan dari pengampu matakuliah Belajar dan Pembelajaran FKIP Universitas Tidar.

Buku ini terdiri dari sepuluh bab yang meliputi:

Bab I, berisi tentang konsep belajar dan pembelajaran baik secara umum, tinjauan psikologi dan menurut pendapat para pakar. Bab II, membahas tentang model-model pembelajaran aktif di sekolah, yang termasuk di dalamnya mengupas sintaks pembelajaran aktif kooperatif yang digunakan dalam skenario  pembelajaran buku ini. Bab III, membahas tentang teori belajar behavioristik dan penerapannya dalam pembelajaran. Bab IV, mengupas tentang teori belajar kognitif dan penerapannya dalam pembelajaran. Bab V, membahas tentang teori belajar humanistik dan penerapannya dalam pembelajaran. Bab VI, membahas tentang teori belajar sibernetik dan penerapannya dalam pembelajaran. Bab VII, membahas tentang prinsip-prinsip belajar, jenis-jenis belajar, dan ciri-ciri belajar. Bab VIII, membahas tentang tujuan belajar dan unsur-unsur dinamis dalam belajar. Bab IX, membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, dan Bab X, membahas tentang model-model pengembangan kurikulum.

Setiap bab diawali dengan perumusan kompetensi dasar, dan indikator sebagai kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh para pembaca khususnya mahasiswa setelah mendalami materi setiap bab secara keseluruhan. Kemudian diikuti oleh langkah-langkah pembelajaran yang harus diikuti mahasiswa dalam proses pembelajarannya yang mengikuti sintaks cooperative learning. Pada setiap akhir uraian materi disajikan uji kompetensi atau tes atau latihan dan tugas dengan tujuan agar mahasiswa turut aktif menganalisis materi sajian sehingga seluruh materi dapat dikuasai secara komprehensif. Daftar pustaka juga dicantumkan pada setiap akhir bab, dengan tujuan agar memudahkan pembaca khususnya mahasiswa melacak materi tersebut lebih lanjut. Pada setiap akhir bab juga disajikan rubrik unjuk kerja penilaian non-tes untuk menilai hasil materi yang dipresentasikan mahasiswa di kelas yang meliputi kualitas rangkuman/tugas/makalah, kualitas penyajian, dan produk tugas.

Kami menyadari bahwa uraian materi dalam buku ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, saran, komentar, dan koreksi dari berbagai pihak sangat diharapkan. Terimakasih.

PENULIS: SRI HARYATI

Unduh e-book nya klik di sini: Buku BELAJAR & PEMBELAJARAN BERBASIS COOPERATIVE LEARNING – SRI HARYATI

 

.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here